Wawancara Online? Ini yang Harus Anda Persiapkan

Logkerja.id – Meski tidak bertemu muka secara langsung, jangan pernah meremehkan wawancara online!

Wawancara Online? Ini yang Harus Anda Persiapkan
Perkembangan teknologi dan perilaku manusia yang berubah seiring berjalannya waktu juga memunculkan metode wawancara online demi memudahkan pencari kerja dan pewawancara agar bertemu dalam waktu yang cepat dan singkat. Selain itu juga bisa memangkas biaya yang diperlukan mulai dari akomodasi, transportasi dan lainnya.

Hal ini memang memberikan kemudahan bagi kedua belah pihak, namun sebagai pencari kerja anda harus lebih mempersipkan diri sebelum melakukan wawancara online. Apa saja yang perlu anda persiapkan, berikut tipsnya yang Logkerja rangkum di bawah ini:

7 Tips Sebelum Melakukan Wawancara Online

1. Gunakan ruangan dengan gema yang seminimal mungkin agar suara anda bisa tersampaikan dan terdengar jelas kepada pewawancara.

2. Cari ruangan dengan pencahayaan yang baik agar nanti pewancara bisa melihat diri anda dengan sangat jelas jika menggunakan fitur Video Call. Anda tidak ingin bukan wawancara tersebut tersendat, gagal, atau malah harus membenarkan sesuatu hanya karna masalah cahaya yang redup atau terlalu terang.

3. Siapkan peralatan yang dibutuhkan mulai dari laptop, headseat, koneksi internet, handphone dan pastikan semua berjalan dengan baik. Tempatkan juga posisi kamera berada pada posisi yang pas layaknya mengambil sebuah foto ijasah atau KTP.

4. Pastikan anda memiliki catatan dan alat tulis di dekat anda untuk mencatat sesuatu yang penting yang bakal disampaikan oleh pewawancara.

5. Gunakan pakaian yang rapi dan pantas agar mendukung performa anda di mata pewawancara. Selain itu pastikan rambut anda tertata dengan rapi dan tidak masalah jika anda harus berdandan sedikit untuk menampilkan kesan yang fresh.

Meski melakukan wawancara online jangan pernah berpikir hanya merapikan busana bagian atas saja. Karna banyak orang yang secara tak sengaja memperlihatkan busana bagian bawah yang tak pantas dalam keadaan kamera yang masih menyala.

6. Fokus dan tenangkan hati anda saat berhadapan langsung dengan pewawancara secara online. Usahakan tidak melakukan gerakan yang tidak perlu dan tetap santai agar tidak menimbulkan kesan yang kaku. Jika anda sudah mencoba dan masih grogi cobalah untuk menggerakkan ibu jari kaki anda untuk mengurangi hal tersebut.

7. Siapkan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan perusahaan yang ingin anda tempati. Untuk hal ini anda mungkin perlu melakukan research terlebih dahulu sebelum melakukan wawancara secara online. Semakin banyak data yang anda miliki maka semakin mudah juga anda membuat pertanyaan pada sesi tanya jawab yang disediakan oleh pewawancara.

Semoga dengan adanya tips di atas dapat membantu anda dalam melakukan wawancara online dan akhirnya anda bisa diterima oleh perusahaan/ instansi yang anda inginkan.

Follow juga akun instagram @logkerja untuk mendapatkan info lowongan lebih cepat. Semoga sukses!